Text
Education Management
Pertanyaan yang paling mendasar tentang pendidikan di Indonesia, mau dikemanakan arah pendidikan saat ini? Pertanyaan ini muncul dilatarbelakangi oleh ketidakjelasan arah pendidikan di negeri ini; setiap ganti kepemimpinan, ganti kebijakannya. Seolah-olah pendidikan di Indonesia tidak memiliki blue print yang jelas. Belum lagi pada tingkat yang lebih rendah, misalnya, dalam kaitan teknis pendidikan, banyak sekali institusi pendidikan--baik itu di sekolah maupun di perguruan tinggi-- pengelolaannya tidak profesional, mulai dari perencanaan, s?stem pendidikan, sarana-prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), sistem manajemen, dan lain-lain. Kalau manajemen pendidikannya sudah baik, tidak akan lagi kita mendengar pelayanan sekolah yang buruk, bangunan sekolah yang tidak layak pakai atau bahkan ambruk, pungutan liar, atau praktik "uang semir" buat penilik sekolah, dan lain sebagainya. Manajemen pada dasarnya adalah upaya untuk mengatur segala sumber daya untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, dalam konteks pendidikan, manajemen adalah proses pengintegrasian segala sumber daya yang tidak berhubungan menjadi sistem total untuk mencapai tujuannya.
Buku ini memberikan arahan yang komprehensif seputar menajemen pendidikan. Buku ini semacam ramuan dari pengalaman penulis yang telah berkecimpung sebagai guru selama 33 tahun dalam berbagai disiplin ilmu dan berbagai lembaga pendidikan tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa buku ini merupakan hasil perpaduan antara teori dan praktik.
Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa, para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan yang ingin memahami seluk-beluk manajemen pendidikan. Fokus pembahasan buku ini mencakup pembahasan persoalan pendidikan nasional, penyelenggaraan pendidikan, perencanaan pendidikan, pendidikan khusus, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Manajemen Berbasis Kompetensi (MBK), kepemimpinan dan manajemen pendidikan, e-learning, peningkatan mutu pendidikan, dan lain-lain.
No other version available